Rabu, 03 Juli 2013

Manfaat Shalat Bagi Kesehatan Jasmani


1. Takbirotul ikhrom
Takbirotul ikhrom yang di lakukan ketika mengangkat kedua tangan seraya membaya takbir (Allahu Akbar). Gerakan shalat yang pertama ini bisa membantu melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh.

2. Ruku
Gerakan Ruku yang dilakukan dengan sempurna yaitu tulang belakang punggung yang sejajar dengan kepala dan tanga bertumpu ke lutut. Untuk membuktikan sempurna atau tidaknya gerakan shalat yang kedua ini yaitu, dengan cara anda meletakan sebuah gelas atau benda lainnya di punggung anda. Jika benda yang anda letakan tidak jatuh maka gerakan ruku anda sudah bisa di bilang sempurna. Gerakan dalam shalat yang kedua ini bermanfaat bagi kesehatan diantaranya yaitu, bisa mengobati sakit pinggang, merelaksasikan otot bahu, dan mencegah terjadinya penyakit prostat.

3. I’tidal
itidal atau bangun dari ruku dengan mengangkat kedua tangan seperti gerakan shalat pertama. Ketika ruku beredaran darah berkumpul bada bagian dada, ketika anda melakukan i’tidal atau berdiri tegak setelah ruku, maka darah yang berada di sekitar dada, mengalir kebawah sehingga memberikan manfaat untuk melancarkan pecernaan yang ada di dalam perut.

4. Sujud
Sujud, Gerakan yang di lakukan dengan cara menempelkan telapak tanagan, lutut dan kening ke hamparan sejadah. Ketika darah bekas i’tidal yang mengalir dan berkumpul di bahagian perut. Ketika melakukan sujud maka darah yang berkumpul di daerah perut turun ke kepala. Posisi jantung di atas kepala, yang membuat oksigen mengalir ke bagian kepala dan memenuhi oksigen yang di butuhkan kepala. hal ini berdampak untuk kesehatan pikiran, dalam gerakan sujud ini banyak sekali manfaatnya diantaranya bisa memperkuat daya ingat, mengobati stres dll.

5. Tahiya atau duduk di antara dua sujud
manfaat gerakat shalat bagi kesehatan jasmani yang kelima ini antara lain, mampu meperkuat oragan gerak, mencegah impotenten dll.

6. Salam
gerakan salam yang memutar kepala ke kanan dan kekiri ini bermanfaat untuk merileks kan kulit-kulit wajah dan leher sehingga dapat mengobati sakit kepala dan bisa juga bermanfaat suapaya kulit wajah tidak cepat menkerut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar